Mudah Dan Cepat Lebih Praktis Pakai Google Docs di Laptop

Google Docs merupakan program pengolah kata berbasis online yang bisa diakses lewat berbagai perangkat, termasuk laptop. Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin mengetahui cara menggunakan Google Docs di laptop.

Lantaran berbasis online, Google Docs dapat mempermudah pengguna untuk bisa mengolah berbagai jenis teks seperti laporan atau artikel di mana pun dan kapan pun, asalkan memiliki laptop yang terhubung dengan koneksi internet.

Pengolahan teks menjadi lebih fleksibel dengan adanya Google Docs. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara menggunakan Google Docs di laptop. Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Docs di laptop? Tak semua pengguna telah memahami cara menggunakan Google Docs di laptop.

Akan tetapi, tak usah khawatir, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap langkah-langkah menggunakan Google Docs di laptop dengan mudah dan praktis. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai langkah-langkah menggunakan Google Docs di laptop.

Langkah-langkah menggunakan Google Docs di laptop

Terdapat langkah-langkah dasar dalam menggunakan Google Docs yang perlu diketahui pengguna, mulai dari cara mengakses hingga berbagi dokumen. Adapun beberapa cara menggunakan Google Docs di laptop adalah sebagai berikut.

  1. Mengakses Google Docs

Langkah pertamanya adalah pengguna perlu mengakses Google Docs. Untuk mengakses Google Docs, pengguna harus memiliki akun Google atau akun Gmail. Setelah itu, pengguna dapat mengakses Google Docs via browser di laptop.

Pengguna dapat mengunjungi website Google Docs yang beralamatkan di https://docs.google.com. Setelah terbuka, pengguna dapat login menggunakan akun Google di website Google Docs tersebut.

  1. Membuat dokumen di Google Docs

Setelah berhasil mengakses, pengguna dapat mulai membuat dokumen di Google Docs. Cara membuat dokumen di Google Docs cukup mudah. Pengguna tinggal klik ikon tambah yang terdapat pada halaman awal Google Docs.

  1. Mengedit teks di Google Docs

Setelah berhasil membuat dokumen baru di Google Docs, pengguna dapat mengedit teks dengan berbagai alat pemformatan yang tersedia, seperti pengaturan font, pengaturan format teks, pengaturan tata letak teks dalam halaman, dan masih banyak lagi.

Alat pemformatan ini tersedia di bagian atas halaman dokumen Google Docs. Untuk menambahkan gambar dan tabel ke dokumen, pengguna bisa mengakses menu Sisipkan yang terdapat pada bar menu utama.

  1. Menyimpan dan mengunduh dokumen di Google Docs

Dokumen yang selesai dibuat dan diedit bakal tersimpan secara otomatis di Google Docs. Jadi, pengguna tak perlu melakukan tindakan penyimpanan dokumen secara manual. Setiap perubahan di dokumen bakal langsung disimpan di Google Docs.

Perlu diketahui, penyimpanan di Google Docs ini berbasis Cloud dari Google Drive. Jadi, dokumen-dokumen yang tersimpan di Google Docs pada dasarnya bakal memakan ruang penyimpanan di Google Drive.

Selain menyimpan, pengguna juga dapat mengunduh dokumen di Google Docs supaya bisa dibuka secara offline di perangkat. Cara mengunduh dokumen di Google Docs itu mudah. Pengguna tinggal klik menu File dan pilih opsi “Download”. Selanjutnya, pengguna bisa mengunduh dokumen itu dalam berbagai format, seperti Docx, RTF, PDF, atau EPUB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *