Begini Cara Membuat Ringtone di iPhone untuk Nada Dering Telepon

Suara Ringtone di iPhone berguna untuk memberi tahu pengguna tentang panggilan masuk, pesan teks, atau pemberitahuan dari aplikasi lainnya.

Pilihan ringtone yang berbeda dapat membantu pengguna mengidentifikasi jenis pemberitahuan yang diterima tanpa perlu melihat layar perangkat. Dengan menggunakan ringtone yang berbeda untuk kontak yang berbeda pula, pengguna dapat mengidentifikasi siapa yang sedang menelepon tanpa perlu melihat layar.

Pengguna iPhone bisa memilih ringtone untuk nada dering telepon sesuai yang diinginkan. Seperti dengan memanfaatkan aplikasi GarageBand atau iTunes. Namun tak jarang pengguna masih bingung bagaimana mengatur ringtone menjadi nada dering di iPhone.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mengatur ringtone menjadi nada dering di iPhone, selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Cara membuat nada dering khusus menggunakan aplikasi GarageBand

GarageBand adalah sebuah aplikasi musik yang dikembangkan oleh Apple Inc. Aplikasi ini dirancang untuk platform macOS dan iOS, dan menyediakan berbagai fitur untuk membuat, merekam, dan mengedit musik. Berikut ini caranya:

Unduh dan buka aplikasi GarageBand lewat App Store (iOS)

Pilih ikon (+) di pojok kanan atas untuk membuat lagu baru

Selanjutnya pilih instrumen yang tersedia dari tab Tracks untuk merekam pertunjukan live atau kategori loop dari tab Live Loops untuk menggunakan loop yang telah ditentukan sebelumnya.

Kemudian pilih tombol “Rekam” berwarna merah untuk mulai merekam menggunakan instrumen atau loop digital pilihan Anda

Setelah selesai merekam, ketuk lagi tombol “Record” untuk berhenti

Pastikan trek terakhir Anda tidak lebih dari 30 detik. Jika lebih panjang, Anda dapat menghapus dan merekam ulang, atau memangkasnya menggunakan alat di GarageBand

Selanjutnya gunakan tombol “Putar” berwarna hijau untuk melihat pratinjau lagu Anda, atau pilih panah bawah di sudut kiri atas untuk kembali ke daftar lagu Anda

Pilih “Ganti Nama” untuk memberi nama yang lebih bermakna pada trek Anda. Inilah yang akan digunakan untuk mengidentifikasinya di daftar nada dering Anda

Tekan lama pada lagu yang Anda ganti namanya untuk membuka menu pop-up lagi

Klik “Bagikan”

Pilih “Nada Dering”

Masukkan nama nada dering (opsional)

Klik “Ekspor” di sudut kanan atas

Setelah ekspor selesai, Anda dapat memilih “Gunakan suara sebagai…” dari menu pop-up yang muncul untuk segera mengatur trek baru sebagai nada dering standar, atau nada pesan teks standar, atau menetapkannya ke kontak tertentu.

Terakhir, pilih “OK” apabila Anda ingin menyimpannya di galeri nada dering Anda untuk digunakan nanti

Cara beli nada dering iPhone dari iTunes

Selain menggunakan aplikasi GarageBand, pengguna juga bisa membeli nada dering iPhone langsung dari iTunes. Namun ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya antara 1 dollar AS atau 1,29 dollar AS atau sekitar 15.000 hingga Rp 20.000. Begini cara beli dan menggunakannya.

Buka aplikasi iTunes Store di iPhone Anda

Pilih tombol “More button in the bottom-right corner”

Pilih “Tones”

Pilih nada dari daftar atau gunakan tombol Genre , Featured , atau Charts untuk menelusuri nada lainnya

Dari layar detail, pilih nama nada untuk mendengarkan pratinjau atau ketuk tombol harga untuk membeli nada dering

Setelah dibeli dan diunduh, nada dering atau nada peringatan baru akan muncul di bagian yang sesuai di samping nada bawaan, yang dapat ditemukan di aplikasi “Pengaturan” di bawah “Sound & Haptics”

Cara menggunakan nada dering untuk ringtone di iPhone

Buka “Settings” di iPhone Anda

Pilih “Sounds & Haptics”

Selanjutnya pilih Pilih “Ringtone” di bawah “Sound & Haptics” untuk memilih nada dering Anda pada panggilan masuk

Demikian cara membuat ringtone di iPhone untuk nada deriung telepon dengan aplikasi GarageBand dan iTunes. Selamat mencoba.