Sempat Ditinggal dan Merosot, Sekarang Pengguna Threads Kini Tembus 130 Juta

CEO Meta Mark Zuckerberg mengeklaim jumlah pengguna media sosial teranyar mereka, Threads, telah mencapai 130 juta pengguna. Hal tersebut diungkap Meta dalam laporan pendapatan kuartal-IV 2023.

Pria yang akrab disapa Zuck itu juga menyebut pertumbuhan pengguna Threads naik cukup signifikan dari waktu ke waktu. Bahkan, pertumbuhan yang terjadi melampaui ekspektasi Meta. “Saya mencatat kini Threads lebih aktif digunakan pengguna saat ini, ketimbang saat awal debut (Juli 2023).

Jadi, saya berpikir ini akan menjadi kesuksesan besar,” ujar Zuckerberg. Pengumuman ini seolah menjadi angin segar setelah kabar jumlah pengguna Threads yang sempat merosot di awal peluncuran.

Padahal, Threads sempat menarik banyak pengguna baru. Di awal perilisan, dalam waktu lima hari setelah dirilis, jumlah pengguna Threads langsung tembus 100 juta. Namun, popularitas Threads langsung turun.

Firma riset Sensor Tower mencatat bahwa pengguna aktif harian Threads merosot tajam sebesar 82 persen per 31 Juli 2023, sekitar sebulan setelah diluncurkan.

Jumlah pengguna harian Threads sempat berada di angka 8 juta pengguna per harinya. Angka tersebut menjadi jumlah yang paling rendah sejak Threads pertama kali debut. Sebab, saat diluncurkan pertama kali, pengguna aktif hariannya mencapai 44 juta pengguna, sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNN. Meskipun jumlah pengguna Threads dilaporkan sempat menurun, Meta tidak menyerah.

Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat itu terus memperbarui aplikasi mikroblogging miliknya. Meta terus menambah fitur-fitur baru untuk aplikasi pesaing X Twitter itu, salah satunya membagikan posting Threads ke kotak pesan atau direct message (DM) Instagram.

Meta juga mempromosikan posting Threads viral ke linimasa Instagram. Dengan upaya ini, Threads diharapkan bisa kembali menarik perhatian pengguna. Kuartal lalu, Zuckerberg mengungkapkan dirinya optimis, Threads bakal mampu memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Harapan Zuckerberg bukan tanpa landasan. Berdasarkan laporan analis Appfugures, Threads semakin banyak diunduh per Desember 2023 lalu.

Di toko aplikasi Apple App Store, Threads diunduh 12 juta kali dan naik ke posisi keempat. Sementara di Google Play Store, Threads juga naik dengan total unduhan sebanyak 16 juta kali.

Secara kumulatif, total unduhan Threads di kedua toko aplikasi di atas adalah sebanyak 28 juta dan ada di urutan keenam.

Di laporan keuangan yang sama, Meta juga mengungkap jumlah pengguna aktif harian (daily active user/DAU) semua media sosial yang berada di bawah naungannya, termasuk Facebook (FB), Instagram (IG), Messenger, dan WhatsApp (WA).

Secara kumulatif, pengguna media sosial Meta diklaim mencapai 3,19 miliar pengguna per kuartal IV-2023. Jumlah ini naik dari 3,14 miliar pengguna pada akhir September tahun lalu.