Begini Cara Mengurutkan Nama Sesuai Abjad di Microsoft Excel dengan Mudah

Ada beberapa metode pengolahan data pada aplikasi Microsoft Excel atau biasa disebut Excel saja, yang perlu diketahui pengguna. Salah satunya adalah cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel. Baca juga: Cara Mengaktifkan Microsoft Excel beserta Shortcut yang Sering Dipakai Microsoft Excel bisa mengolah data angka dan teks dalam jumlah besar.

Dalam kondisi tertentu, pengguna bakal butuh untuk mengatur data teks berupa nama, yang dimasukkan di kolom-kolom Excel, supaya bisa berurut sesuai abjad.

Bila data nama yang tersedia jumlahnya banyak, pengguna mungkin bakal kerepotan jika harus mengurutkannya di Excel secara manual. Oleh karena itu, pengguna perlu menguasai cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel.

Microsoft Excel memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengurutkan data nama sesuai abjad secara otomatis. Lantas, bagaimana cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel

Cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel itu cukup mudah. Pengguna bisa mengurutkannya dengan memanfaatkan fitur Sort di Excel. Perlu diketahui, fitur Sort secara umum menyediakan dua model pengurutan data, yakni Ascending dan Descending.

Ascending adalah pengurutan data yang berjalan dari nilai terkecil ke nilai terbesar (menaik), misalnya dari huruf A ke Z atau dari angka 0 ke 9.

Sementara itu, Descending adalah pengurutan data yang berjalan dari nilai terbesar ke terkecil seperti huruf Z ke A.

Dari dua model pengurutan itu, pengguna bisa mengurutkan data nama supaya sesuai dengan urutan abjad, yakni dari huruf A ke Z. Adapun cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel adalah sebagai berikut:

Buka dokumen Microsoft Excel dan pastikan telah memiliki data nama, seperti nama barang atau nama orang, yang hendak diurutkan.
Kemudian, klik pada kolom data nama tersebut.
Setelah itu, pilih menu “Data”.
Selanjutnya, pada grup Sort, pengguna bisa memilih tombol “A-Z” untuk mengurutkan data nama sesuai abjad pertama ke terakhir (dari A ke Z).
Terakhir, data nama akan diurutkan sesuai urutan abjad.

Cukup mudah bukan cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel? Dengan cara di atas, pengguna yang hendak mengurutkan nama sesuai abjad untuk membuat daftar kehadiran, daftar nilai, dan sebagainya, tak perlu kebingungan lagi.

Pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan mudah di Excel. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel, semoga bermanfaat.