Rumor Ada Bocoran iPhone Lipat Muncul Lagi, Mirip Samsung Galaxy Z Flip?

Tentu Saat Ini Ada Rumor soal ponsel lipat Apple, kembali menyeruak. Kabar terbaru menyebut bahwa iPhone lipat nantinya akan memiliki mekanisme clamshell alias menyerupai cangkang kerang. Mekanisme ini mirip ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip, di mana ponsel dilipat secara vertikal, dari atas ke bawah.

Menurut sumber dalam yang dikutip The Information, Apple menyiapkan dua purwarupa (prototype) iPhone lipat. Keduanya mengusung desain lipat clamshell, tetapi punya dua ukuran berbeda.

Ponsel lipat itu masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum siap untuk diproduksi massal tahun ini maupun tahun depan. Jadi, bisa diasumsikan bahwa iPhone lipat baru tersedia pada tahun 2026.

Sumber rahasia itu juga menyebutkan bahwa Apple sudah melakukan pendekatan dengan setidaknya satu pemasok di Asia, guna membeli komponen iPhone lipat. Namun tidak disebutkan perusahaan pemasok mana yang dimaksud.

Walaupun purwarupa iPhone lipat sudah dibuat, bukan berarti Apple siap sepenuhnya terjun ke pasar smartphone lipat, mengikuti jejak vendor lain, seperti Samsung dan Huawei.

Pasalnya, raksasa teknologi ini bisa saja membatalkan proyek itu jika produknya tidak sesuai dengan standar Apple.

Adapun minat Apple terhadap ponsel lipat kabarnya maju mundur selama bertahun-tahun. CEO Apple, Tim Cook pada awal tahun 2018 sudah bertanya ke desainer dan engineer di Apple soal iPhone lipat. Di tahun yang sama, Cook juga menanggapi positif pada produk demo iPhone lipat dengan layar 7 inci.

Namun, Apple cukup khawatir dengan tantangan teknis hingga harga iPhone lipat yang bakal lebih mahal dibanding iPhone biasa.

Awalnya, Apple mencanangkan iPhone lipat dengan layar luar yang bisa dilipat seperti Huawei Mate X. Akan tetapi, para engineer Apple kesulitan mengatasi ketahanannya bisa memakai konsep tersebut.

Lalu, tim desain juga ingin ketebalan iPhone ketika terlipat, tidak lebih dari iPhone biasa. Lagi-lagi konsep ini juga sulit diwujudkan, mengingat teknologi baterai dan layar yang terbatas.

Pada akhirnya, Apple menyetop proyek iPhone lipat yang desainnya seperti buku sekitar tahun 2020, dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Minggu (11/2/2024). Lalu perusahaan menggantinya ke iPad lipat dengan layar 8 inci.

Menurut Apple, tablet lipat itu mungkin lebih tebal dari iPhone biasa, tetapi masih cocok bagi pengguna karena perangkat itu bukan smartphone yang cenderung akan dikantongi pengguna di saku. Selain itu, tablet lipat juga tidak perlu memenuhi syarat daya tahan tinggi sebagaimana iPhone.

Konon, para engineer Apple kini sedang berupaya menyamarkan lipatan yang terlihat di tengah layar tablet lipat akibat praktik pelipatan berulang. Mereka juga sedang merancang engsel yang rata tanpa tonjolan.

Demi iPad lipat, Apple kabarnya menggandeng dua perusaahan, yakni LG dan Samsung.

Namun, perlu dicatat bahwa produk ini masih berupa rumor. Apple sendiri belum membagikan kabar apapun soal iPhone lipat maupun iPad lipat. Kita tunggu saja.