Repeater Itu Apa? Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Pengguna kiranya perlu mengetahui tentang apa itu repeater, terutama jika tengah belajar tentang jaringan komputer. Dalam jaringan komputer, terdapat banyak perangkat yang umum digunakan untuk bisa menghubungkan perangkat dengan jaringan.

Salah satu perangkat itu tak lain dan tak bukan adalah repeater. Perangkat ini memiliki peran penting dalam jaringan komputer karena dapat memperluas jangkauan jaringan. Dalam jaringan komputer kecil, repeater umum dipakai untuk memperluas jangkauan WiFi.

Lantaran punya peran penting, pengguna akhirnya perlu mengetahui tentang apa itu repeater. Lantas, apa yang dimaksud dengan repeater?

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap pengetahuan dasar soal repeater, mulai dari pengertian repeater hingga perbedaannya dengan router. Jika tertarik untuk mempelajarinya, silakan simak penjelasan pengertian repeater di bawah ini.

Repeater Itu Apa?

Pertama-tama, perlu diketahui dulu soal pengertian repeater. Jika didefinisikan, repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki kemampuan utama untuk memperkuat dan menghasilkan kembali sinyal masuk tertentu seperti WiFi.

Repeater bekerja pada lapisan fisik arsitektur jaringan atau model OSI (Open System Interconnection). Tujuan utama penggunaan repeater adalah untuk memperluas jangkauan jaringan dengan meningkatkan kekuatan dan kualitas sinyal.

Repeater dapat digunakan pada jenis jaringan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Untuk diketahui, sinyal pada sebuah jaringan bisa saja terhalangi oleh dinding, jarak, dan bangunan. Penghalang itu bisa mempersulit pengiriman sumber daya.

Repeater digunakan untuk membantu mengurangi kesalahan dan kehilangan data serta menyediakan pengiriman sumber daya. Dengan repeater, sumber daya jaringan seperti data atau koneksi internet bisa ditransfer dengan lebih aman dan jangkauan yang lebih luas.

Itulah penjelasan mengenai pengertian repeater, sebagaimana dilansir laman Geeks for Geeks. Dari pengertian itu, lantas apa fungsi repeater? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fungsi repeater.

Fungsi repeater

Dalam sebuah jaringan, repeater memiliki beberapa fungsi penting. Salah satunya yang utama adalah repeater berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal pada sebuah jaringan. Kemudian, repeater juga berfungsi untuk memperkuat sinyal.

Selain itu, masih terdapat beberapa fungsi repeater lainnya dalam jaringan komputer. Adapun beberapa fungsi repeater yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  1. Memperkuat sinyal

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal yang lemah. Sinyal-sinyal dapat melemah karena jarak yang jauh dari pemancar utama dalam jaringan karena ada hambatan seperti dinding atau struktur bangunan. Repeat bisa memperkuat sinyal dari hambatan itu.

  1. Memperluas jangkauan jaringan

Fungsi repeater yang berikutnya adalah memperluas jangkauan jaringan. Dengan menguatkan sinyal, repeater memungkinkan perangkat yang berada di daerah yang lebih jauh atau terhalang hambatan untuk bisa tetap terhubung dengan jaringan.

  1. Mengatasi hambatan sinyal

Fungsi repeater yang ketiga adalah membantu mengatasi hal-hal yang menghambat sinyal seperti dinding atau struktur gedung, sehingga sulit diterima di perangkat lain. Dengan memasang repeater, sinyal dapat diteruskan dengan lebih baik.

  1. Memudahkan pengiriman sumber daya

Keempat, fungsi repeater adalah memudahkan pengiriman sumber daya. Sumber daya jaringan seperti data atau koneksi internet bisa ditransfer secara mudah dengan bantuan repeater. Kemudahan ini disebabkan karena repeater dapat mengurangi hambatan sinyal.