Berikut 8 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dengan Mudah dan Praktis

Perlu kita ketahuhi mengatasi layar HP bergaris. Layar pada HP menjadi komponen yang penting. Masalah layar HP bergaris umum terjadi, terutama di ponsel dengan jenis layar touchscreen.

Saat masalah layar HP bergaris terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan. Pasalnya, garis yang muncul di layar HP dapat mengganggu tampilan, sehingga pengguna tak dapat melihat konten dengan jelas.

Jika masalah ini terjadi, garis yang muncul pada layar bisa berwarna hijau, pink, merah, hitam, biru, ungu, dan putih. Kemudian, garis pada layar HP bisa berjumlah lebih dari satu yang membentang secara vertikal ataupun horizontal.

Untuk lebih jelasnya, adapun contoh masalah layar HP bergaris adalah seperti gambar di bawah ini.

Tampilan layar HP yang terhalangi garis seperti gambar di atas bakal mengganggu pengguna. Lantaran bakal mengganggu, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi layar HP bergaris.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan garis di layar HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara memperbaiki layar HP bergaris dengan mudah dan praktis.

Penyebab layar HP bergaris

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab layar HP bergaris. Lantas, apa penyebab layar HP bergaris? Layar HP bergaris bisa disebabkan karena beberapa faktor.

Dikutip dari Android Authority, penyebab layar HP bergaris umumnya dikarenakan terdapat kerusakan pada komponen perangkat kerasnya. ratu.web.id

Kerusakan itu dapat ditimbulkan dari beberapa kesalahan, misalnya HP terjatuh, kemasukan air, dan kesalahan penggunaan lainnya. Adapun penjelasan beberapa penyebab layar HP bergaris adalah sebagai berikut:

  1. Tekanan pada layar HP

Layar HP mungkin mengalami tekanan yang tidak terduga, misalnya seperti saat HP tak sengaja diduduki. Tekanan yang melebihi kemampuan layar HP dapat menyebabkan layar menampilkan garis vertikal dan horizontal.

  1. HP terjatuh

Jika terjatuh, ada kemungkinan HP mengalami beberapa kerusakan komponen di bagian dalam, meski bagian luarnya mungkin tampak baik-baik saja. Kerusakan komponen dalam dapat memicu munculnya garis dengan warna kontras pasa layar HP.

  1. Kemasukan air

Jika HP kemasukan air dan dicoba dinyalakan, tindakan itu dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen penting, yang akhirnya bisa berpotensi menyebabkan munculnya garis vertikal dan horizontal pada layar HP.

  1. Terpapar suhu panas berlebih

Suhu panas berlebih yang terpapar berkepanjangan di HP dapat merusak komponen penting pada layar. Suhu panas itu bisa datang dari mana saja seperti cuaca, menaruh HP dalam mobil saat panas, dan mengisi daya sambil bermain HP.

  1. Gangguan pada perangkat lunak

Selain disebabkan kerusakan pada komponen layar, masalah layar HP bergaris tak menutup kemungkinan disebabkan juga karena terdapat gangguan atau bug pada sistem perangkat lunak. Bug itu dapat menyebabkan gangguan kinerja pada komponen HP.

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab layar HP bergaris. Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara memperbaiki layar HP bergaris dengan mudah dan praktis.