Begini Cara Cek Battery Health MacBook untuk Cek Sisa Baterai

Tentu kamu sudah tau Kapasitas baterai pada perangkat biasanya menjadi salah satu indikator kinerja perangkat. Tak terkecuali pada pengguna MacBook, layaknya kesehatan baterai yang kerap dicek di perangkat iPhone, kapasitas kesehatan baterai MacBook juga dapat dicek secara berkala.

Dengan anda memeriksa battery health secara berkala, Anda dapat memantau penurunan kapasitas baterai seiring waktu. Ini membantu Anda untuk mengetahui apakah baterai mengalami penuaan yang normal atau jika ada masalah yang perlu diatasi.

Selain itu ada informasi tentang kesehatan baterai dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan daya MacBook. Anda dapat menyesuaikan kebiasaan pengisian daya atau mematikan fitur yang dapat menguras baterai lebih cepat. ratu.web.id

Lantas bagaimana cara mengecek baterai health MacBook? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Cara mengecek battery health Macbook

Buka perangkat MacBook Anda

Klik ikon baterai di pojok kanan atas

Klik “Baterry Settings”

Selanjutnya akan muncul pop up mengenai beberapa keterangan kesehatan baterai

Nantinya Anda juga bisa melihat progres penggunaan baterai selama 10 hari terakhir atau 24 jam terakhir

Pada bagian “Battery Health” pengguna akan disuguhkan pada keterangan kesehatan baterai

Anda akan melihat salah satu kondisi berikut:

Normal: Baterai berfungsi normal

Servis dianjurkan: Baterai berfungsi normal, tetapi kemampuannya untuk menyimpan daya lebih sedikit daripada saat masih baru. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti baterai

Tips jaga kesehatan baterai di MacBook

Dilansir dari laman apple.com berikut ini beberapa tips sederhana untuk memperpanjang usia baterai MacBook.

Hindari suhu lingkungan yang ekstrim

Perangkat Anda telah dirancang untuk beroperasi secara optimal di berbagai rentang suhu ruangan, di mana suhu idealnya berada antara 62 hingga 72 derajat F (16 hingga 22 derajat Celsius).

Penting untuk menghindari paparan perangkat Anda pada suhu sekitar yang melebihi 95 derajat F (35 derajat Celsius), karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kapasitas baterai.

Copot casing MacBook saat mengisi daya

Mengisi daya perangkat dalam suatu casing dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu yang berlebihan, yang berpotensi mempengaruhi kapasitas baterai. Jika Anda menemukan bahwa perangkat Anda mengalami pemanasan saat diisi daya, sebaiknya keluarkan perangkat tersebut terlebih dahulu.

Jangan terlalu kosong atau penuh dalam pengisian baterai

Hindari mengisi daya baterai perangkat sepenuhnya atau mengosongkannya sampai habis. Disarankan untuk mengisi daya hingga sekitar 50 persen.

Jika Anda menyimpan perangkat dengan baterai dalam keadaan benar-benar habis, ini dapat menyebabkan kondisi pengosongan daya yang sangat dalam, yang mungkin membuatnya sulit untuk diisi daya kembali.

Sebaliknya, jika Anda menyimpannya dalam keadaan terisi penuh untuk waktu yang lama, baterai mungkin kehilangan sebagian kapasitasnya, sehingga menyebabkan masa pakai baterai lebih pendek.